Seputar Dunia Hockey : Sejarah Singkat Olahraga Hockey

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa permainan hoki berasal dari kawasan Persia, karena olahraga tersebut sangat mirip dengan permainan yang dikenal saat ini dan sudah di mainkan kurang lebih 4000 tahun silam. Ukiran ukiran yang berada di gua Beni Hasan yang terletak di lembah Nil memberikan gambaran bahwa pada ber abad abad sebelumnya orang orang di wilayah Mesir sudah bermain permainan yang sangat mirip dengan permainan hoki tersebut.

Bukan hanya itu saja, di Yunani juga dikatakan permainan serupa sudah ada semenjak 500 tahun sebelum Masehi. Namun dari berbagai versi sejarah ini, pada akhirnya Perkumpulan hoki yang pertama kali ada berdiri di kawasan Blackhealth, London di tahun 1861. Barulah saat tahun 1900 peraturan peraturan yang ada mulai dilakukan penyeragaman dan di tahun 1098, olahraga hoki dipertandingkan dalam ajang London games, dan selanjutnya menyusul terbentuknya induk organisasi hoki internasional di Paris di tahun 1924 dengan nama Federation Internationale de hockey surgazon atau dikenal dengan FIH.

Untuk sejarah olahraga hoki yang ada di Indonesia, diukir oleh orang orang yang memiliki kebangsaan Inggris serta Belanda. Sementara Lopon yang berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri terbilang cukup terbatas yaitu hanya dari kalangan pelajar sekolah guru lembaga yang ada di Bandung dan di bawah Asuhan dari NIATWU. Namun ini akhirnya hanya bertahan sampai tahun 1938 lalu kemudian dihapuskan oleh pihak pemerintah Belanda karena dianggap tidak terlalu disenangi.

Kemudian, kebangkitan dari olahraga hoki kembali terjadi di tahun 1939. Kebangkitan ini diprakarsai oleh Iskandar Simanjuntak yang kemudian melakukan pendirian Perkumpulan hoki Andalas di kawasan Medan. Dalam Perkumpulan tersebut, beranggotakan guru guru dan juga siswa dari Mulo  joshua institut Medan. Seiring dengan proklamasi kemerdekaan di tahun 1945, olahraga hoki pun juga di proklamirkan dengan diprakarsai oleh toko olahraga yaitu Yusuf Ismail, su masto, dan lainnya yang kemudian mendirikan induk organisasi yang ada di Indonesia dengan nama persatuan Hoki seluruh Indonesia atau PHSI.

Segala upaya sudah dilakukan oleh organisasi tersebut dalam kiprah olahraga hoki di dunia internasional. Di tahun 1956 diwakili oleh Eddy Usman, mereka memperjuangkan hak agar organisasi tersebut bisa masuk dan kemudian diterima untuk menjadi anggota FIH. Hal tersebut ternyata tidak sia sia. Hal ini kemudian menjadi peluang yang besar untuk organisasi Indonesia tersebut melakukan kiprah di dunia internasional dengan berkompetisi dalam berbagai turnamen yang ada di luar negeri.

Dimulai dari tingkat Asia, olahraga hoki dipertandingkan pertama kali pada Asian games yang kedua di tahun 1954 yang dilaksanakan di Manila, kemudian pada tingkat Asia Tenggara di pertandingan pada sea games ke empat pada tahun 1971 yang diadakan di Kuala Lumpur.

Pada akhirnya, cabang olahraga yang satu ini mulai populer dan berkembang di berbagai daerah di Indonesia walaupun perkembangannya dan kepopulerannya tidak sebesar bulutangkis serta sepak bola. Jumlah peminat olahraga hoki yang ada di Indonesia mulai meningkat dan muncul beberapa klub hoki.

Spread the love