Mengenal Lebih Dalam Tentang Olahraga Hoki Lapangan

Didalam pikiran beberapa orang, olahraga hobi merupakan olahraga yang identik dengan negara Kanada, Amerika Serikat, ataupun Rusia yang biasanya dimainkan di atas lapangan yang terbuat dari es. Padahal, untuk memainkan olahraga tersebut sebenarnya lapangan dengan lapisan es tidak harus selalu dibutuhkan.

Bukan hanya hoki es saja, permainan olahraga hoki juga bisa dimainkan di lapangan. Jadi, permainan ini tentu bisa dilakukan oleh negara negara tropis. Bahkan pada ajang Asian games ke-18 yang dilaksanakan pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 lalu di Indonesia, Tim nasional Hoki lapangan putra dan putri dari Indonesia pertama kalinya bertanding karena menjadi tuan rumah. Walaupun ini merupakan salah satu pertandingan pertama kali bagi Indonesia, olahraga yang satu ini sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum Indonesia menggelar Asian games pertama di Jakarta yaitu pada tahun 1962 silam.

Jika demikian, bagaimana kah aturan untuk bermain olahraga tersebut? Ada yang mengatakan bahwa olahraga hoki hampir sama seperti sepak bola. Memang dimata orang yang awam sekilas olahraga hoki memang sangat mirip dengan olahraga sepak bola karena jumlah pemain yang sama dan juga konsep permainan yang serupa. Hoki lapangan di mainkan oleh 11 pemain yaitu 10 orang pemain dan juga satu orang penjaga gawang. Perbedaannya dengan sepak bola yaitu para pemain hoki biasanya menggunakan stick untuk menggerakkan bola, bukan ditendang.

Mengenai ukuran, bola hoki sendiri memiliki ukurannya hampir sama dengan bola golf yaitu ukuran bola tenis. Ketika melakukan permainan, bola hoki nantinya akan di oper, dipukul, ditahan, disebut, ataupun digiring dengan menggunakan stick. Untuk tempat melakukan pertandingan hoki sendiri tidak jauh berbeda dengan olahraga lain yang biasanya dimainkan di lapangan. Lapangan untuk bermain hoki biasanya memiliki panjang kurang lebih 91,4 m dan juga lebar lapangan 55 m. Untuk standar ukuran gawang dari olahraga hoki yaitu tingginya mencapai 2,14 m dan juga lebar gawang yaitu 3,66 m.

Hoki umumnya di mainkan di dalam dua babak yang setiap babak nya yaitu 15 min. Dalam permainan hoki, untuk melakukan cetak gol tidak bisa dilakukan di berbagai tempat. Ada circle, yaitu tempat ataupun kawasan untuk melakukan cetak gol. Jika melakukan cetak gol di luar dari wilayah circle, maka akan terdapat pinalti.

Untuk bermain hoki, basisnya terbilang cukup mudah apalagi jika seseorang sudah terbiasa bermain sepak bola. Permainannya hampir sama, namun berbeda nya di hoki adalah para pemain harus terbiasa untuk menggunakan stick dalam permainan. Secara garis besar, bermain permainan olahraga hoki ini terbilang cukup mudah bukan? Olahraga hoki ini bukan hanya olahraga untuk melatih kebugaran tubuh saja, melainkan juga bisa menjadi salah satu ajang rekreasi bagi Anda. Tertarikkah Anda untuk mencoba olahraga yang satu ini?

Spread the love

One thought on “Mengenal Lebih Dalam Tentang Olahraga Hoki Lapangan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *