Hockey Air, Olahraga Dengan Teknik Pernafasan Panjang

Sebagian besar dari Anda tentunya telah mengetahui apa itu permainan hoki. Permainan hoki ini hampir serupa dengan permainan sepak bola namun di dalam memainkannya bola tidak ditendang melainkan dipukul menggunakan tongkat yang serupa dengan stik golf, maka dari itu banyak sekali orang yang mengatakan permainan hoki merupakan kombinasi dari permainan sepak bola dengan permainan golf.

Permainan hoki membutuhkan stick, pulau, serta lapangan yang luas. Biasanya permainan ini dilakukan di ruangan terbuka ataupun di dalam ruangan yang tertutup. Namun saat ini olahraga hoki bukan hanya bisa di mainkan di darat saja, melainkan juga bisa di mainkan di dalam air. Menarik bukan?

Mulai saat ini memang olahraga hoki dapat di mainkan di dalam air. Semenjak tahun 1950, olahraga di air ini sudah mulai diperkenalkan kepada publik. Yang menemukan olahraga tersebut yaitu Alan Blake Yang berasal dari southsea sub Aqua club. Olahraga hoki tiga main tersebut pertama kali di mainkan di kolam berenang yang terletak di Eastney, Portsmouth Inggris.

Nama lain dari hoki air itu biasa disebut sebagai Octopush. Cara bermain dari hoki air tentunya berbeda dengan bermain hoki di darat. Hoki dalam air paling tidak membutuhkan minimal dua orang wasit dalam tiap permainan. Satu wasit berada di pinggir kolam sementara satu wasit lainnya harus berada di dalam air.

Tiap Tim dari hoki air memiliki enam orang di dalamnya. Permainan tersebut biasanya dibagi menjadi dua babak yaitu masing masing babak selama kurang lebih 15 menit. Karena permainan tersebut dilakukan di dalam air, maka tiap Tim dituntut untuk jauh lebih pintar dalam melakukan penyusunan strategi. Hal ini berkaitan dengan siapakah yang akan naik ke permukaan untuk mengambil nafas dan siapakah yang akan berada di dalam kolam untuk bertahan dan kemudian masukan bola ke gawang lawan. Jangan sampai kerjasama ini hancur karena kunci dari olahraga tersebut yaitu kerjasama Tim.

Untuk melakukan hobi air, terdapat beberapa peralatan yang perlu disiapkan yaitu baju renang, sarung tangan, stick kayu dengan panjang kurang lebih 20 sampai 30 cm, bola hoki, sarung tangan, pelindung kepala, masker, serta kaca mata renang. Permainan ini dilakukan di dalam kolam berenang dengan ukuran 15 X 22 m atau 12 X 21 m dengan tingkat kedalaman dari kolam tersebut yaitu mencapai dua hingga 3 m.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, hoki air sendiri sudah mulai mengikuti kejuaraan olahraga internasional tepatnya dimulai pada tahun 1980. Kejuaraan olahraga internasional tersebut diadakan di Kanada. Tertarik untuk mencobanya? Jika iya, maka Anda perlu mempersiapkan berbagai persiapan fisik dan mental. Karena dilakukan di dalam air, tentunya ada membutuhkan tingkat Pernapasan yang baik agar bisa mengikuti permainan tanpa kehabisan nafas.

Spread the love