Dahulu Populer, Kini Olahraga Hoki di Indonesia Kurang Diminati

Seperti yang Anda ketahui, hoki merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang cukup populer di seluruh dunia. Namun sayangnya, olahraga permainan tersebut tidak terlalu diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, olahraga hoki yang satu ini sudah ada di Indonesia semenjak jaman penjajahan Belanda. Sebagian dari Anda tentu penasaran seperti apa ceritanya olahraga hoki tersebut dapat masuk Indonesia. Mari kita simak sedikit uraian singkat tersebut.

  1. Masuk ke Indonesia semenjak jaman penjajahan Belanda

Awalnya, olahraga hoki ini masuk ke Indonesia melalui pengaruh yang dibawa oleh orang orang Belanda yang dahulu menjajah Indonesia. Hoki modern ini mulanya berasal dari wilayah Inggris dan kemudian menyebar sampai wilayah Eropa, termasuk mempengaruhi Belanda. Orang orang belanda mengetahui lebih dahulu olahraga tersebut dibandingkan Indonesia sehingga ketika mereka sampai di Indonesia, mereka membawa olahraga hoki ini untuk disebarkan di Indonesia dan kemudian pertama kali di mainkan pada tahun 1920. Saat itu juga terdapat komunitas hoki di kawasan Bandung yang didirikan oleh warga Belanda yang ada di sana yang kemudian membawa beberapa warga Indonesia yang berada di Bandung dalam komunitas tersebut.

  1. Mulai eksis setelah Indonesia merdeka

Olahraga hoki sendiri mulai berkembang di Indonesia setelah Indonesia mengalami kemerdekaan. Pada saat itu, murid murid juga diajarkan untuk melakukan olahraga tersebut di lingkungan sekolah. Di tahun 1948 Indonesia juga memiliki rencana untuk mengirimkan Tim hoki pada Olimpiade musim panas di London, Inggris. Namun, Indonesia sendiri belum memiliki organisasi hoki nasional sehingga Tim hoki dari Indonesia tidak boleh untuk ikut serta dalam Olimpiade. Di tahun 1950, orang orang Indonesia semakin menyukai olahraga tersebut hingga pada akhirnya di tahun 1954 Berdirilah persatuan Hoki seluruh Indonesia.

  1. Kini, olahraga Hoki di Indonesia tidak lagi disukai

Kini, olahraga tersebut semakin menurun kepopulerannya. Di sekolah sekolah, olahraga hoki sudah tidak diajarkan lagi. Harinya peralatan untuk olahraga tersebut juga terbilang cukup mahal sehingga orang orang merasa kesulitan untuk membelinya. Hoki juga jarang dipertandingkan dalam berbagai ajang olahraga nasional karena peminatnya sangat sedikit. Namun demikian, Tim hoki Indonesia juga sempat untuk bertanding pada berbagai kejuaraan internasional. Bahkan olahraga hoki juga menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan di dalam ajang Asian games 2018 lalu. Indonesia juga sempat untuk mengikuti berbagai ajang internasional namun gagal diberangkatkan karena berbagai alasan tertentu. Hal inilah yang menjadi pemicu olahraga tersebut mengalami kemunduran drastis.

Walaupun demikian, masih banyak orang orang yang memperhatikan perkembangan olahraga hoki, khususnya di tanah air. Namun memang untuk perkembangan cukup sulit karena peminatnya yang sudah menurun dengan drastis. Maka dari itu, diperlukan berbagai upaya besar jika ingin meningkatkan kembali minat terhadap olahraga yang satu ini.

Spread the love