6 Hal Dasar yang Wajib Dilatih dan Dikuasai Oleh Semua Pemain Hoki Pemula

Secara khusus memang tidak dapat digunakan oleh semua pemain karena pada dasarnya untuk setiap posisi mempunyai cara sendiri dalam berlatih sampai dengan mengasah keterampilan di lapangan. Namun secara umum ada beberapa hal yang patut dipelajari dan dikuasai oleh semua orang atau semua pemain di berbagai posisi di cabang olahraga hoki. Berikut daftarnya.

Trapping

Trapping adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan kemampuan seorang pemain dalam menerima keping bola dan kemudian menguasainya serta membawanya mendekati daerah pertahanan lawan.

Saat mendapatkan keping bola untuk kali pertama, seorang pemain dapat menahannya terlebih dahulu dan melihat sekeliling untuk memutuskan apa yang harus dilakukan setelahnya atau juga langsung menggiringnya. Belajar melakukan trapping ini juga sangat penting sekali untuk dilakukan karena dapat melatih insting atau kepekaan seorang pemain dalam menyeimbangkan laju bola dari kanan ke kiri atau sebaliknya ketika sedang menggiringnya.

Hit

Tentu saja seperti halnya dalam permainan sepak bola, aktivitas menembak bola juga ada di dalam permainan hoki atau dikenal dengan istilah hit. Hanya saja untuk dapat menguasai cara menembakkan keping bola dengan benar dibutuhkan banyak waktu dan pengalaman karena ada beberapa faktor yang membuat seorang pemain sering kali gagal dalam melakukannya, seperti faktor pada pemosisian kaki, posisi keping bola sampai dengan tekanan ayunan.

Positioning

Seorang pemain juga wajib mampu membaca pergerakan lawan atau juga pergerakan keping bola yang sedang dimainkan. Setelah itu pemain yang bersangkutan harus dapat mencari posisi yang cukup bagus agar dapat menjangkau keping bola tanpa dihalangi lawan.

Dan ketika tidak ada keping bola yang diarahkan maka pemain yang bersangkutan juga tidak boleh berdiam diri di satu tempat saja karena diwajibkan untuk dapat membuka peluang agar ketika pemain lain yang sedang membawa bola terkepung pemain lawan, maka akan dapat dijadikan sebagai tujuan umpan selanjutnya.

Passing

Masih sama seperti yang ada di dalam permainan sepak bola ataupun bola basket, passing memiliki artian mengirimkan bola kepada rekan lainnya. Seorang pemain yang berbakat pastinya memiliki tingkat akurasi passing yang bagus. Dan tentunya untuk dapat memiliki kemampuan passing yang akurat, maka dibutuhkan latihan yang tidak sebentar pula.

Bagi seorang pemain belakang, latihan passing berfungsi untuk mengirimkan bola ke pemain belakang lainnya sebagai pengecoh atau juga langsung ke barisan depan. Sedangkan untuk pemain tengah, latihan passing dilakukan dengan tujuan untuk dapat membantu pemain depan dalam mendapatkan peluang dan bagi pemain depan, passing adalah salah satu cara yang dapat dilakukan selain melakukan tembakan demi mendapatkan poin.

Flat stick tackle

Flat stick tackle merupakan sebuah aksi penghadangan yang dilakukan kepada pemain lawan yang sedang membawa keping bola. Flat stick tackle ini juga wajib dikuasai oleh semua pemain, tidak peduli dia berposisi sebagai pemain belakang, tengah ataupun sebagai penyerang.

Hanya saja, dibutuhkan latihan yang keras dan lama agar dapat melakukan flat stick tackle dengan bersih karena terkadang justru aksi penghadangan seperti ini berbuah negatif kepada tim. Contohnya saja ketika sedang melakukan tacling, pemain lawan terjatuh dan wasit akan memberikan hukuman kepada tim yang bersangkutan.

Jab atau Poke

Jab atau Poke juga merupakan jenis tacling yang wajib dikuasai oleh semua pemain. Hanya saja tidak seperti flat stick tackle, Jab atau Poke ini berfungsi untuk membuat pemain lawan yang sedang membawa bola tidak mendapatkan ruang tembak atau ruang umpan atau membuat bola berubah arah.

Caranya pun cukup mudah karena pemain hanya perlu mengincar bola yang sedang dibawa oleh pemain lawan dan melakukan gangguan berupa sentuhan atau sejenisnya ke bola tersebut.

Spread the love